Perlukah SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization

SEO merupakan salah satu proses untuk meningkatkan volume dan traffic kunjungan pada suatu halaman web atau blog
SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.
Melakukan SEO berarti meningkatkan kemungkinan web untuk dapat ditemukan pada peringkat teratas di mesin pencarian. Bagi para webmaster, SEO sangat dianjurkan ketika kita memang membutuhkan web dengan traffic yang tinggi dan pengunjung yang banyak, tapi bagi pemula hal ini sangat menyulitkan dan terasa berat. SEO itu sendiri bukanlah sesuatu yang datang secara instan. SEO menurut saya juga datang berdasarkan musim - musimnya, ada kalanya tema dan kata kunci dari blog ataupun postingannya memang sedang dicari pada saat itu sehingga SEO tepat sasaran. Masalahnya adalah kata kunci yang kita pakai kadang sering tidak tepat sasaran dan beda musim, dalam artian kata kunci tersebut tidak dapat dioptimalisasi pada saat itu, tapi mungkin pada saat tertentu kata kunci tersebut bisa menjadi patokan dan dicari banyak orang.
Saya banyak membaca artikel yang mengulas dan membahas seputar SEO, bahkan sampai saat saya menulis artikel inipun saya masih belum paham teknik dan cara dari SEO itu. "Begitu susah dan rumit untuk dipahami", Begitulah menurut saya.

Kapan SEO diperlukan ?
  1. Untuk blog atau website yang mengejar traffic dan pelanggan yang banyak
  2. Untuk blog yang pingin monetize blog mereka
  3. Untuk meningkatkan ranking dalam pencarian situs pencari seperti google, yahoo, bing, dll.
Kapan SEO tidak diperlukan?
  1. Untuk blog yang hanya mengisi waktu luang dan curhatan hati seperti blog ini.
  2. Untuk blog yang tidak membutuhkan traffic dan pelanggan yang banyak
  3. Blog pribadi dan bukan blog bisnis dan premium
Apa kaitan SEO dengan situs pencarian seperti google dan yahoo? YA! Dengan mengoptimalkan kata kunci dan penempatan kata kunci yang tepat, maka mesin akan mengerti maksud dan isi dari website kita. Sehingga pengunjung yang menggunakan mesin pencari tersebut akan diarahkan oleh mesin pencari ke website atau blog kita. 

Kembali lagi ke judul postingan kali ini, perlukah SEO untuk blog anda? Anda sendirilah yang bisa menjawabnya. Kalau pertanyaan ini diberikan kepada saya, saya akan menjawab tidak terlalu penting. Blog ini hanya membahas pengalaman saya tanpa memperhitungkan kata kunci dan SEO. Saya hanya menulis apa yang saya alami dan saya tuliskan dalam blog ini.
Bagaimana dengan Blog Anda?


0 Response to "Perlukah SEO (Search Engine Optimization)"

Post a Comment