Bisnis Online Jadi Reseller, Ada Yang Pernah Coba?

bisnis reseller produkReseller produk, adakah yang pernah mencoba? Saya sendiri belum pernah berhasil melakukan bisnis ini. Jujur saya tidak tahu  harus bagaimana dalam mempromosikan produk sendiri apalagi orang lain. Pernah mencoba dan mengikuti trik dan tips yang diberikan oleh pebisnis online yang lain, namun tetap saja gagal. Lalu apa yang membuat bisnis ini menjamur di masyarakat. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Welcome reseller !! Apa dan Bagaimana

Kata - kata ini sering kita lihat di internet. Hanya saja kita harus mengetahui dulu makna dan maksud dari reseller itu sendiri. Melihat dari susunan kata reseller, yang terdiri dari re dan seller, dimana re artinya diulang, seller artinya penjual sehingga makna dari reseller adalah menjual kembali barang yang dijual oleh orang lain. System Reseller ini juga ada namanya dropship, yaitu menjual barang orang lain akan tetapi memakai nama dan alamat toko kita. Hal ini sering kita temui di lapangan baik itu melalui internet ataupun di dunia nyata.  
Sistem kerja dari reseller ini pun sama halnya dengan berdagang layaknya pedagang biasa. Jika kita mempunyai toko online hal ini akan membuat peluang untuk ditemukan masyarakat menjadi lebih besar. Lalu apakah hanya mengandalkan sistem reseller lalu kita akan mudah mendapatkan uang? Ini adalah pertanyaan yang aneh menurut saya, tidak ada didunia ini yang mudah untuk kita dapatkan. Semua yang kita ingin capai harus melakukan usaha, tidak ada yang namanya instant kecuali untuk susu formula. HAHAHA
Intinya, berbisnis ini tetap usaha dan kerja keras.

Untung dan Rugi Reseller

Keuntungan dari reseller antara lain:
  • Tidak memerlukan produk sendiri yang artinya kita bisa menjual kembali barang atau produk orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan imbalan atas jasa promosi kita.
  • Reseller tidak perlu menanggung biaya akumulasi penyusutan barang. Karena kita hanya menjual bukan memproduksi.
  • Tidak memerlukan lahan dan gudang untuk menyimpan barang, kita cukup pesan dan kirim barang ke alamat konsumen tanpa perlu menyimpan terlebih dahulu
  • Cenderung lebih mudah dan murah, karena kita bisa memesan barang kalau barang sudah ada yang dipesan melalui kita. Maksudnya barang akan kita beli kalau konsumen sudah melakukan pembayan kepada kita.
  • Bisa dilakukan dimanapun (dirumah, di kantor,di pasar) dan mengambil keuntungan berapapun yang kita mau (itupun kalau konsumen setuju)
Kerugian :
  • Kita tidak bisa memastikan kualitas barang yang kita pesan apakah layak untuk di jual atau justru malah membuat reputasi kita menjadi buruk karena menjual barang yang tidak berkualitas
  • Tidak bisa melakukan transaksi barang langsung ke konsumen, karena kita tidak menstok barang terlebih dahulu.
Saya kira untuk keuntungan dan kelebihan cukup segitu dulu. Kita akan membahas peluang bisnis apa yang biasa membutuhkan reseller.

"Reseller Welcome", apa saja yang mereka jual

Dari sekian banyak melihat artikel dan website pedagang online. Kebanyakan yang mereka jual adalah barang - barang yang awet dalam arti kata tidak mudah basi dan bisa memesan dalam jumlah banyak atau sedikit sekalipun. Beberapa contoh barang yang dijual dan membutuhkan reseller adalah sebagai berikut :
  • Baju, baik itu pria wanita dan anak - anak bahkan bayi sekalipun
  • Aksesoris
  • Peipheral Komputer
  • HP
  • Laptop
  • Makanan 
  • dll

Beda Reseller dengan Marketing?

Reseller mendapatkan keuntungan hanya dari penjualan atas nama mereka sendiri, sedangkan sales merupakan seorang karyawan yang memiliki penghasilan dari gaji bulanan mereka,, sehingga penjualan yang banyak merupakan bonus bagi seorang sales. Ada atau tidak ada penjualan seorang sales tetap akan mendapatkan gaji dan upah mereka sesuai dengan kontrak kerja.

Bisnis ini menurut para suhu internet marketing merupakan bisnis pada tahapan pemula dan memiliki resiko yang paling kecil. Dari artikel diatas, bagaimana menurut anda? Tertarikkah melakukan bisnis reseller? Silahkan saran dan masukannya untuk membahas artikel ini.

0 Response to "Bisnis Online Jadi Reseller, Ada Yang Pernah Coba?"

Post a Comment