Belajar Blogging, Kenali Dulu Jenis - Jenisnya

Pengertian Blog

Hehe, tulisan saya kali ini hanya untuk newbie seperti saya. Buat yang sudah master jadi penulis blog silahkan di baca saja :) ... Sebelum membahas tutorial cara blogging, kita harus mengenal dulu apa itu blog . Blog merupakan salah satu wadah berupa tulisan ataupun gambar yang terdiri dari halaman - halaman yang mana tulisan tersebut bisa berisi informasi ataupun iklan ataupun ajakan. 

Jenis - Jenis Blog

Berdasarkan pengamatan saya, blog bisa dikategorikan menjadi beberapa bagian. 

A. Blog Berdasarkan Platform (Hosting)

1. Blog Gratis
Blog untuk kriteria ini adalah blog yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanan blog. Contoh blog gratis adalah Blogspot dan Wordpress. Blog ini salah satu contoh blog gratis menggunakan Blogspot. Ciri dari blog gratis adalah pada nama blog diakhiri dengan nama perusahaan yang menyediakan layanan. Misal nama blog ini adalah http://payakumbuhonline.blogspot.co.id .. Pada "payakumbuhonline" merupakan nama blog atau domain blog, sedangkan "blogspot.co.id" merupakan penyedia layanan blog gratinys. Bila dilihat dari http://payakumbuhonline.blogspot.co.id bisa dipastikan bahwa blog ini menggunakan layanan Bloggspot

2. Self-Hosting Blog
Blog ini adalah blog yang dibuat dengan menggunakan domain dan hosting sendiri alias berbayar. Biasanya blog self-hosting ini digunakan oleh blogger profesional. Contohnya adalah payakumbuhonline.com. hehe..

3. Micro Blog
Micro blog adalah salah satu blog yang kontennya atau tulisannya memiliki karakter yang terbatas dan tidak sebanyak blog gratis. Contoh dari micro blog adalah Twitter dan facebook

B. Berdasarkan Konten / Isi

1. Niche Blog
Merupakan blog yang ditulis menggunakan tema - tema khusus. misalnya tema otomotif, pendidikan, fashion, bisnis (seperti payakumbuhonline.blogspot.co.id)

2. General Blog
Blog ini tidak memiliki tema khusus. Penulis dari blog ini menggunakan berbagai macam topik untuk umum. Artinya blog ini ditujukan untuk umum, bukan untuk tujuan khusus.

C. Berdasarkan Tujuan

1. Personal Blog
Blog ini ditulis sesuai dengan keingin dari sipenulis. Blog ini bisa berupa curhatan ataupun sebagai media untuk berekspresi.

2. Branding Blog
Blog yang dibuat khusus untuk memperkenalkan suatu brand atau merk tertentu.

3. Monetize Blog
Blog yang dibuat untuk mendapatkan penghasilan. Blog ini biasanya mengikuti berbagai macam trik blogging seperti SEO (Search Enggine Optimizer). Blog ini menargetkan pengunjung yang banyak sehingga aturan - aturan tersebut merupakan hal yang harus dilakukan demi mencapai target yang diinginkan.

4. Catalog Blog
Blog ini biasanya berisi berbagai macam informasi berupa rujukan ataupun referensi. Blog ini tidak membutuhkan pengunjung yang spesifik seperti monetize blog.

Itulah beberapa jenis blog secara umum. Sebenarnya masih banyak jenis - jenis blog yang lain, yang mungkin akan kita bahas pada postingan yang lainnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita bersama.

0 Response to "Belajar Blogging, Kenali Dulu Jenis - Jenisnya"

Post a Comment